29 June 2011

Mengatur Tata Letak Halaman

Mengatur Tata Letak Halaman
Pengaturan tata letak halaman perlu diperhatikan agar halaman yang akan sampeyan pakai sesuai dengan besarnya objek yang akan sampeyan buat. Tata letak halaman mencakup: ukuran kertas, posisi kertas dan banyak lagi yang berhubungan dengan halaman kerja. Untuk mengatur tata letak halaman sampeyan mempergunakan menu Layout > pilih Page Setup sehingga tampil kotak dialog options seperti gambar dibawah ini:

Kemudian setting sesuai dengan kemauan anda


Mengolah Halaman (Page)
Status page (Document Navigator) berfungsi untuk memberikan informasi tertang jumlah halaman dan posisi halaman yang sedang dikerjakan. Perintah pada Status Page adalah dengan cara Klik kanan pada halaman terpilih. Sampeyan perhatikan gambar dibawah ini:



Untuk menambah halaman klik tombol (+) Add Page sehingga akan muncul halaman baru dengan nama Page 1. Sampeyan perhatikan gambar dibawah ini:


  • Rename Page: Mengubah nama halaman dalam satu File, contoh: Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 dan Klik kanan > pilih Rename Page dan akan muncul kotak dialog isikan nama halaman misalkan kata 'ab' pada kotak Page name dan Pilih Ok maka Page 1 akan berubah 1: ab
  • Insert Page After: Menambah dan menyisipkan halaman baru dibagian kanan halaman aktif dalam satu file. Menambah halaman caranya: Klik kanan Page 1 lalu pilih Insert Page After, Cara lain, Klik tanda + di sebelah kiri Page 1 dan akan aktif Page 2 begitu seterusnya.
  • Insert Page Before: Menambah dan menyisipkan halaman baru dibagian kiri halaman aktif dalam satu file. Menyisipkan halaman caranya: Misalkan sampeyan akan menyisipkan halaman diantara Page 2 dan Page 3, yang sudah sampeyan ubah Rename Page-nya menjadi Page 2 adalah 2: abc dan Page 3 adalah 3: abcd, langkahnya adalah Klik kanan 3: abcd lalu Pilih 'Insert Page Before' dan halaman akan berubah menjadi 2: abc / Page 3 / 4: abcd
  • Duplicate Page: untuk menduplikat halaman
  • Delete Page: Menghapus halaman dalam satu file caranya Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 2 dan Klik kanan kemudian pilih Delete Page.
  • Switch Page Orientation: Merubah bentuk Printable Area dari Portrait menjadi Landscape begitu sebaliknya.
  • Publish Page To ConceptShare...
Monggo sampeyan  praktekkan Mas Bro...


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

20 comments:

  1. Mhon bantuanx dong mas, tampilan halaman kertas d corel sy cma stengah.. Knpa itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorot mouse sampeyan pada batas antara area kerja dan status bar.. setelah muncul gambar panah klik drag kebawah....

      Delete
  2. Isi blog yang sangat bermanfaat. teng kiu ya....

    ReplyDelete
  3. Mas, mohon pencerahannya tentang membuat halaman di Corel. Saya membutuhkan setingan angka ganjil di sisi kiri bawah kertas, sedangkan angka genap ada di posisi kanan bawah kertas. yang selama ini saya buat, hanya berada pada satu sisi kertas saja.

    ReplyDelete
  4. mas kalo bikin nasi bungkus di korel gmna ya,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus terang gak bisa.. seandainya bisa sampeyan akan malas bekerja...

      Delete
  5. mas, mau nanya. kalau page 1 sama page 2 orientasinya dibikin beda gmna caranya?. ex: page 1 dibikin portrait trus page 2 d bikin landscape... jadi paten gtu mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal add page, trus layout > Page setup, terus pilih orientasi (ukuran kertas juga), abis itu centang Apply Size To Current Page Only. selesai

      Delete
  6. Sangat membantu untuk kami yg msh pemula,, dlm ngeblog.. semoga masa depan generasi bangsa ini smakin gemilang, kreatif dan energik. Blog kami perdana belajar MarComm : http://leungong.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. Lengkap banget inih blog..ga usah beli buku corel..smua ada di sini//senangnyaaa

    ReplyDelete
  8. mas,, saya uda atur gambar di area kerja corel nya tp pas di print kok jadi kepotong ya mas??? pdhal tdk mlebihi batas nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuaikan juga lebar kertas dengan setting custom kertas di printer

      Delete
  9. mas kalo gambar di page 2 itu muncul di page 1 sama 3 biar nggak muncul gimana ya ?

    ReplyDelete
  10. minta kawruh mbah, saya bikin cover buku setting warna cmy, ada beberapa gambar foto dr google, stlh difilm utk cetak kok warna fotonya burem ya, gmana caranya agar foto jernih seperti aslinya.nuwun.

    ReplyDelete
  11. mas keyboard atau SHORTCUT membuat page baru pada corel apa ya...? biar cepet kerjanya, tolong di balas mas, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menambah halaman 2, 3, dan seterusnya tinggal klik tanda plus(+) itu, kan simpel dan cepat...

      Delete
  12. izin download bah makasih banyak mantap

    ReplyDelete
  13. Mohon bantuan nya mas, kalo mau buat page dengan ukuran berbeda gimana ya caranya ?

    ReplyDelete
  14. Abang Zainoel, saya pengagum berat sampeyan. minta no. WA nya boleh?

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus