;

29 June 2011

Mengatur Tata Letak Halaman

Mengatur Tata Letak Halaman
Pengaturan tata letak halaman perlu diperhatikan agar halaman yang akan sampeyan pakai sesuai dengan besarnya objek yang akan sampeyan buat. Tata letak halaman mencakup: ukuran kertas, posisi kertas dan banyak lagi yang berhubungan dengan halaman kerja. Untuk mengatur tata letak halaman sampeyan mempergunakan menu Layout > pilih Page Setup sehingga tampil kotak dialog options seperti gambar dibawah ini:

Kemudian setting sesuai dengan kemauan anda


Mengolah Halaman (Page)
Status page (Document Navigator) berfungsi untuk memberikan informasi tertang jumlah halaman dan posisi halaman yang sedang dikerjakan. Perintah pada Status Page adalah dengan cara Klik kanan pada halaman terpilih. Sampeyan perhatikan gambar dibawah ini:



Untuk menambah halaman klik tombol (+) Add Page sehingga akan muncul halaman baru dengan nama Page 1. Sampeyan perhatikan gambar dibawah ini:


  • Rename Page: Mengubah nama halaman dalam satu File, contoh: Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 dan Klik kanan > pilih Rename Page dan akan muncul kotak dialog isikan nama halaman misalkan kata 'ab' pada kotak Page name dan Pilih Ok maka Page 1 akan berubah 1: ab
  • Insert Page After: Menambah dan menyisipkan halaman baru dibagian kanan halaman aktif dalam satu file. Menambah halaman caranya: Klik kanan Page 1 lalu pilih Insert Page After, Cara lain, Klik tanda + di sebelah kiri Page 1 dan akan aktif Page 2 begitu seterusnya.
  • Insert Page Before: Menambah dan menyisipkan halaman baru dibagian kiri halaman aktif dalam satu file. Menyisipkan halaman caranya: Misalkan sampeyan akan menyisipkan halaman diantara Page 2 dan Page 3, yang sudah sampeyan ubah Rename Page-nya menjadi Page 2 adalah 2: abc dan Page 3 adalah 3: abcd, langkahnya adalah Klik kanan 3: abcd lalu Pilih 'Insert Page Before' dan halaman akan berubah menjadi 2: abc / Page 3 / 4: abcd
  • Duplicate Page: untuk menduplikat halaman
  • Delete Page: Menghapus halaman dalam satu file caranya Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 2 dan Klik kanan kemudian pilih Delete Page.
  • Switch Page Orientation: Merubah bentuk Printable Area dari Portrait menjadi Landscape begitu sebaliknya.
  • Publish Page To ConceptShare...
Monggo sampeyan  praktekkan Mas Bro...


ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Diposkan Oleh : Zainoel Arifin

Seluruh artikel pada Blog ini dapat dicopas, dimodifikasi, diperbanyak, dicetak, disebarkan secara bebas dan boleh tidak menyebutkan sumber asal dari artikel yang ingin Anda tampilkan dari blog ini bila Anda merasa terganggu. Kecuali artikel dari sumber lain yang di share pada blog ini harus disertakan link sumber aslinya.


4 comments:

  1. Mhon bantuanx dong mas, tampilan halaman kertas d corel sy cma stengah.. Knpa itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorot mouse sampeyan pada batas antara area kerja dan status bar.. setelah muncul gambar panah klik drag kebawah....

      Delete
  2. Isi blog yang sangat bermanfaat. teng kiu ya....

    ReplyDelete
  3. Mas, mohon pencerahannya tentang membuat halaman di Corel. Saya membutuhkan setingan angka ganjil di sisi kiri bawah kertas, sedangkan angka genap ada di posisi kanan bawah kertas. yang selama ini saya buat, hanya berada pada satu sisi kertas saja.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...