05 July 2012

Cara Membuat Koran Dengan CorelDRAW

Pernah baca Koran Mas Bro?.... kalau belum pernah kira-kira bentuknya seperti gambar dibawah ini.. hehehehe....


Dengan CorelDRAW sampeyan bisa membuat koran meskipun CorelDRAW bukan Aplikasi untuk membuat koran, tapi lumayan, apalagi kalau sampeyan sudah mahir bermain-main dengan CorelDRAW.
OK. misalnya sampeyan sudah ngetik di CorelDRAW dengan Paragraph Text, contohnya seperti dibawah ini;
Pada Menu Bar > Text > klik Columns...


Maka tampil kotak dialog Column Settings kemudan pada Number of columns ketik sesuai dengan kolom yang sampeyan kehendaki, misalnya kita ketik angka 4;


Maka ketikan sampeyan tadi akan berubah menjadi 4 kolom;


Beri judul dengan Artistik text;


Misal sampeyan akan memberi gambar diatas Paragraph text, misalnya gambar seperti dibawah ini;


Posisikan gambar diatas Paragraph Text dan atur Size-nya;


Selanjutnya klik kanan pada mouse, pilih Wrap Paragraph Text:



Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini, text tidak tertutup gambar;


Selesai, sampeyan sudah bisa membuat layout koran sendiri....


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

12 comments:

  1. Master,. Bikin tutorial ttg Typography Wajah With corel dnk,..
    Ane nyri ktmu ttg Cahiril Anwar,. Tpi yg aneh,.. Disitu pas saat, melepaskan Text, biar mengikuti / bntuk pola dri wjah gtu,. Bukannya mengikti mlah,. Text trsbu kluar dri bntuk pola wjah gitu,..

    "Lalu seleksi semua, image merah dan text diatas, kemudian Tekan Ctrl + K, klik text saja lalu tekan Ctrl + Q, kemudian Resize Text mmnhi image merah"

    perntah yg sya ikutin, ttpi saat dcba tdak bsa,.. Di Typography Chairil Anwar gtu satt lhat dblog" dn web sma ajh master,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipografi wajah lihat disini = http://belajar-coreldraw.blogspot.com/2013/02/tipografi-wajah-dengan-coreldraw.html

      Delete
  2. Mbuat logonya gimana gan, cntohnya spt KOMPAS, dll ...

    http://sempalansoftware.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat tersendiri, setelah jadi di import saat sampeyan melayout koran...

      Delete
  3. Mbuat logonya gimana gan, cntohnya spt KOMPAS, dll ...

    http://sempalansoftware.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. wah kebetulan mas sy layouter koran harian, sudah setahun pake coreldraw lancar jaya hehehee...

    ReplyDelete
  5. Saat ini saya sedang dalam proses penyelesaian menulis buku tentang "Belajar Desain Koran dengan CorelDraw".

    Jika berkenan saya ingin meminta Mas Zainoel Arifin untuk memberikan sedikit kata pengantar atas buku saya ini melalui blog saya. Kata pengantar ini akan saya muat di buku saya, jika berkenan.

    ReplyDelete
  6. kalau misalnya teksnya bersambung ke halaman dibaliknya cara settingnya gimana ya, biar tulisan dihalaman depan bersambung dihalaman selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya pake Indesign aja. Untuk nyambung artikel dihalaman selanjutnya cukup 2 kali klik.

      Delete
  7. Cocok banget buat majalah dinding. BTW mampir ke blog saya zkreatif dong zkreatif.wordpress.com

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus