;

05 July 2012

Cara Membuat Koran Dengan CorelDRAW

Pernah baca Koran Mas Bro?.... kalau belum pernah kira-kira bentuknya seperti gambar dibawah ini.. hehehehe....


Dengan CorelDRAW sampeyan bisa membuat koran meskipun CorelDRAW bukan Aplikasi untuk membuat koran, tapi lumayan, apalagi kalau sampeyan sudah mahir bermain-main dengan CorelDRAW.
OK. misalnya sampeyan sudah ngetik di CorelDRAW dengan Paragraph Text, contohnya seperti dibawah ini;
Pada Menu Bar > Text > klik Columns...


Maka tampil kotak dialog Column Settings kemudan pada Number of columns ketik sesuai dengan kolom yang sampeyan kehendaki, misalnya kita ketik angka 4;


Maka ketikan sampeyan tadi akan berubah menjadi 4 kolom;


Beri judul dengan Artistik text;


Misal sampeyan akan memberi gambar diatas Paragraph text, misalnya gambar seperti dibawah ini;


Posisikan gambar diatas Paragraph Text dan atur Size-nya;


Selanjutnya klik kanan pada mouse, pilih Wrap Paragraph Text:



Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini, text tidak tertutup gambar;


Selesai, sampeyan sudah bisa membuat layout koran sendiri....


ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Diposkan Oleh : Zainoel Arifin

Seluruh artikel pada Blog ini dapat dicopas, dimodifikasi, diperbanyak, dicetak, disebarkan secara bebas dan boleh tidak menyebutkan sumber asal dari artikel yang ingin Anda tampilkan dari blog ini bila Anda merasa terganggu. Kecuali artikel dari sumber lain yang di share pada blog ini harus disertakan link sumber aslinya.


8 comments:

  1. Master,. Bikin tutorial ttg Typography Wajah With corel dnk,..
    Ane nyri ktmu ttg Cahiril Anwar,. Tpi yg aneh,.. Disitu pas saat, melepaskan Text, biar mengikuti / bntuk pola dri wjah gtu,. Bukannya mengikti mlah,. Text trsbu kluar dri bntuk pola wjah gitu,..

    "Lalu seleksi semua, image merah dan text diatas, kemudian Tekan Ctrl + K, klik text saja lalu tekan Ctrl + Q, kemudian Resize Text mmnhi image merah"

    perntah yg sya ikutin, ttpi saat dcba tdak bsa,.. Di Typography Chairil Anwar gtu satt lhat dblog" dn web sma ajh master,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipografi wajah lihat disini = http://belajar-coreldraw.blogspot.com/2013/02/tipografi-wajah-dengan-coreldraw.html

      Delete
  2. Mbuat logonya gimana gan, cntohnya spt KOMPAS, dll ...

    http://sempalansoftware.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat tersendiri, setelah jadi di import saat sampeyan melayout koran...

      Delete
  3. Mbuat logonya gimana gan, cntohnya spt KOMPAS, dll ...

    http://sempalansoftware.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. wah kebetulan mas sy layouter koran harian, sudah setahun pake coreldraw lancar jaya hehehee...

    ReplyDelete
  5. Saat ini saya sedang dalam proses penyelesaian menulis buku tentang "Belajar Desain Koran dengan CorelDraw".

    Jika berkenan saya ingin meminta Mas Zainoel Arifin untuk memberikan sedikit kata pengantar atas buku saya ini melalui blog saya. Kata pengantar ini akan saya muat di buku saya, jika berkenan.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...