;

04 July 2011

Bikin Kaos Distro Yuk !

Bicara kaos distro (distribution outlet) mungkin kita akan berkiblat ke Bandung. Tapi dalam kontek tulisan ini sebenarnya penulis ingin mengajak siapa saja di group ini yang berminat. Tepatnya tulisan ini sebagai tanggapan dari teman kita yang bertanya seputar bagaimana membuat kaos distro dan teks/tulisan/font bergaya distro.

Disain itu Bebas
Tidak ada batasan kalau disain kaos distro itu harus seperti ini atau seperti inu. Harus mirip itu atau sama dengan inu.Gak ada itu. Bebas disini adalah apapun objek atau elemen disainnya bisa dibuat kaos distro. Tentunya tidak menyimpang dari norma susila dan SARA. Jadi, disainlah yang menurut anda bagus dan yang penting bisa jadi duit.

Logo dan Tagline
Anda bisa memulai dengan membuat sebuah Logo dan Tagline. Beberapa pertimbangan berikut dibawah ini mungkin bisa membantu anda dalam membuat sebuah Logo :
  1. Simpel dan sederhana : Intinya agar mudah di ingat dan menanamkan brand image yang kuat. Fungsi tagline (baca: Jargon/moto) adalah utnuk memberikan ketegasan pada Logo anda. Kekuatan sebuah Logo+Tagline adalah pada bentuk, warna dan elemen visual pendukung.
  2. Jangan terlalu banyak warna : Lebih sedikit warna pada Logo akan memberikan kesan simpel dan sederhana, paling banyak 3 warna saja. kecualiLogo anda adalah pabrik cat.
  3. Dapat di aplikasikan di berbagai media, bidang dan lain-lain.
Tentukan Segmen Pasar Anda
Menentukan segmen pasar sangat penting. Hal ini akan berpengaruh pada harga jual, quality dan biaya produksi. Umumnya kaos distro memiliki segmen pasar menengah keatas. Ya, katakanlah mereka umumnya orang-orang terpelajar dan mungkin berselera tinggi. Jadi, kualitas produk kaos distro anda kudu ciamik. Baik jahitan maupun kualitas sablon. Dan tentukan kualitas bahan kaosnya.

Update terbaru
Update disini bukannya tiap hari kudu update status Fesbuk, bukan itu lho. Melainkan selalu mencari perkembangan terbaru seputar selera anak muda dan disain itu sendiri. Maklum saja, namanya anak muda seleranya suka berubah-ubah. Pagi pengen nasi goreng, malamnya minta mie rebus. Siang pengen es cendol, eh sorenya minta bala-bala.Jadi, selalulah mencari perkembangan dan selera pasar. Kecuali bila anda sudah menentukan sebuah tema distro yang ingin di usung dan dikembangkan. Sah sah saja.

Hal-hal lain 
Hal lain yang mungkin perlu anda ketahui misalnya :
  1. Berbagai macam teknik sablon.
  2. Tinta sablon
  3. Jenis bahan dan kualitasnya.
  4. Perkembangan dan informasi disain kaos distro
Membuat disain distro sendiri
Hal pertama yang harus disiapkan adalah:
  1. Template kaos tampak depan dalam format corelDraw.
  2. Tema disain yang ingin dibuat.
  3. Beberapa elemen disain dari image/file yang di download atau di foto sendiri lebih ciamik.


Gambar diatas sudah ada template kaos, Logo+Tagline dan dua buah image yang di download. Selanjutnya adalah meng-convert image tadi. Lakukan hal berikut :


Selanjutnya :


Atur Kontras dan ketajaman image sesuai keinginan. Selanjutnya ubah image tadi agar bisa di isi dengan warna. Untuk keperluan tersebut lakukan hal berikut : 


Setelah anda berhasil melakukannya. Coba klik image tadi dan KLIK KANAN mouse pada Color Palet. Dan coba KLIK KIRI mouse pada color palet. Lihat apa yang terjadi.

Selanjutnya adalah meng-convert image/file kedua. Convertlah image tadi, menjadi Grayscale. Caranya :


Setelah berhasil selanjutnya gunakan Transparancy Tool untuk mendapatkan hasil sebagai berikut :


Sekarang buatlah sebuah curve seperti pada gambar dibawah. Fungsinya adalah SEBAGAI BENTUK  cropping dari disain kaos distro nanti.

Posisikan template kaos tadi pada tempat/bidang kertas yang sedikit luas. Selanjutnya atur parameter Nudge Offset seperti yang ditunjukkan Gambar dibawah. Fungsinya adalah menggeser objek sejauh 30 mm ke arah yang ditentukan dari tanda panah pada keyboar anda.



Gabungkan Image pertama dengan image kedua seperti terlihat pada gambar dibawah. Grouping kedua objek tersebut. Geser satu ketukan image/curva merah putus-putus ke arah kanan. Posisikan image yang di group tadi ke bagian dari template kaos (curve merah putus-putus).



Bila anda benar melakukannya, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Posisikan LOGO + Tagline anda. Dalam contoh ini penulis memposisikan LOGO+Tagline di pojok kiri atas (dekat Jantung) ini bermakna filosopis saja...INI DETAK JANTUNGKU...he he he...contohnya lho....

Berikutnya adalah mebuat tulisan SLOW BUT SURE. Anda bebas menggunakan jenis font sesuai selera masing-masing-masing. Yang jelas harus bagus dimata dan secara grafis juga. Sehingga hasilnya adalah sebagai berikut :


He he he....dah jadi disain kaos distro kita. Tinggal proses pecah/pisah warna. Semoga bermanfaat.


Author : Choesny Muhammad
Website Author : www.facebook(dot)com
Tentang : Freelance Jobs Graphic Designer



ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Diposkan Oleh : Zainoel Arifin

Seluruh artikel pada Blog ini dapat dicopas, dimodifikasi, diperbanyak, dicetak, disebarkan secara bebas dan boleh tidak menyebutkan sumber asal dari artikel yang ingin Anda tampilkan dari blog ini bila Anda merasa terganggu. Kecuali artikel dari sumber lain yang di share pada blog ini harus disertakan link sumber aslinya.


5 comments:

  1. Gambar sudah beres muncul kembali upload di picasa..

    ReplyDelete
  2. Kami hanya ingin share ebook tentang bisnis kaos distro, jika berkenan silahkan download di sini dan apabila bermanfaat bagi Sobat sekiranya bisa dishare ke temen2 yang lain.

    ReplyDelete
  3. kasih bahan pictnya dong min, biar sekalian latihan :D

    ReplyDelete
  4. gan mau nanya itu setelah di desain ky gitu apa bisa di cetak? dan hasilnya apa sama persis dgn yang di gambar corel draw dgn yang sdh dicetak dibaju?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...