03 July 2011

Cara Copy Object dengan CorelDRAW

Kalau Mas Bro sekalian pingin cepet untuk menggandakan object, CoreIDRAW menyediakan beberapa alternatif untuk melakukan perintah copy (menduplikat) object dengan cepat, bahkan bisa sampai ratusan dalam waktu singkat asal komputernya mampu...hehehe...


Cara-caranya yaitu:

Menggunakan Klik Kanan
Mengcopy objek menggunakan klik kanan: Aktifkan Pick Tool kemudian klik dan tahan pada objek yang akan kita copy, drag ke tempat lain, lalu klik tombol kanan mouse sekali.



Menggunakan SPACEBAR
Caranya Aktifkan Pick Tool, klik dan tahan pada objek yang akan kita copy, drag ke tempat lain kemudian tekan SPACEBAR (tombol spasi, yang panjang itu lo...!) di keyboad, lepaskan penekanan mouse. Cara ini akan menghasilkan banyak objek hasil copy. Semakin lama kita menekan SPACEBAR, maka akan semakin banyak hasil copy-nya. (cara ini tidak belaku pada CorelDRAW X6)




Menggunakan + pada Numpad
Caranya Aktifkan objek yang akan kita copy --> tekan tombol + yang terdapat pada Numpad. Objek hasil copy-an akan menempati posisi yang sama dengan objek aslinya serta menempati urutan paling atas, dan juga menjadi objek terpilih (aktif).



Menggunakan Perintah Duplicate
Caranya Aktifkan objek yang akan kita perbanyak, klik menu Edit, klik Duplicate, atau tekan Ctrl+D, maka akan terbentuk objek baru (sama dengan objek aslinya) dengan posisi berada 0.25 inci di sebelah kanan alas dari objek aslinya atau pada posisi yang kita atur sebelumnya pada Duplicate Distance.




Menggunakan Perintah Clone
Caranya Aktifkan objek yang akan kita copy, klik menu Edit, klik Clone, (hampir sama dengan perintah Duplicate)


Kelebihan dari Menu Clone adalah apabila object asli di edit maka object hasil Clone akan berubah bentuk mengikuti object aslinya, contoh seperti gmbar dibawah ini;



Selamat mencoba...


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

4 comments:

  1. Terima kasih ya.. tipsnya..
    langsung praktek nich.. maklum baru belajar corel
    smoga sukses selalu

    ReplyDelete
  2. sangat membantu Master, mau tanya nih, kalau mau copy tappi hasil copiannya persis di samping kanan/kirinya dengan jarak tertentu itu bagaimana ya? terimakasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  3. mas mau nanya gimana cara menyambung motif kulit ular biar nampak utuh tanpa sambungan

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus