18 July 2011

Filosofi Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis, Pertanyaan mendasar: apa peranan desain bagi manusia ? desain memberi nilai tambah untuk hidupnya. Seperti apa nilai tambah itu ? contoh sebuah kursi, asal sudah bisa diduduki selesai masalahnya. Tetapi orang memberi makna pada ”duduk” hingga berkembanglah bentuk kursi sesuai dengan makna yang disandangnya. Demikianlah secara sederhana bagaiman desain berperan dalam kehidupan kita, rumah, ruang tamu, kamar tidur, pakaian, surat undangan, logo, kartu nama, merupakan contoh terdekat bagaimana kita membangun makna melalui desain.

Dalam Desan Grafis teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang dapat dibunyikan. Desain Grafis diterapkan dalam desain komunikasi, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan ataupun disiplin ilmu yang digunakan.

Dalam sebuah kalimat kata Desain bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja, Sebagai kata kerja ’Desain’ memiliki arti ’Proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru. Sebagai kata benda ’Desain’ digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatifitas, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Proses komunikasi yang terjadi di masyarakat sudah berkembang menjadi semakin komplek. Tidak hanya melibatkan komunikasi personal saja. Namun juga melibatkan media untuk menyampaikan komunikasi ke masyarakat luas. Karena dalam kehidupan masyarakat adalah beragam, maka komunikasi pun mengambil bentuk yang beragam pula. Bentuk komunikasi disesuaikan dengan komunitas masyarakat yang akan dituju, disinilah desain grafis mengambil peran. Ia mengemas komunikasi menjadi menarik, mudah dipahami dan agar tujuan komunikasi dapat tercapai.

Filosofi Simbol untuk Desain Grafis
Menganalisis suatu simbol sangat penting ditanamkan pada Desainer, sehingga dalam menggambar tidak disebut asal menggambar saja. Menggambar bukan berarti menciptakan gambar yang indah saja, namun juga harus memiliki makna. Kemampuan memasukan pesan atau falsafah kedalam karya seni itu menunjukkan kejeniusan seseorang dibidang seni. Suatu Logo memiliki arti yang mendalam karena dapat dikatakan sebagai lambang yang mewakili perusahaan secara keseluruan karena didalamnya mengandung makna tujuan, falsafah, sejarah, dan kekuatan yang diwakili oleh simbol-simbol dan warna-warna yang digunakan.
Berikut arti dari masing-masing simbol kosmogoni dan lima unsur (elemen) menurut Budaya Cina Kuno (Feng Shui) :

Maha Tiada Kutub/Maha Kosong











Simbolnya adalah sebuah garis lingkaran kosong, yang didalamnya kosong, artinya tiada ujung dan tiada pangkal (infinity), tiada awal dan tiada akhir, melambangkan Tuhan Yang Maha Esa dalam sifat dan hakekatnya diluar kemampuan pemikiran manusia.

Maha Kutub/Maha Ada











Simbolnya adalah sebuah titik didalam lingkaran, artinya segala sesuatu dijagat raya (termasuk manusia) berawal dari satu titik dan akhirnya menuju ke titik asal. Melambangkan Tuhan Yang Maha Ada, yang menjadikan asal dan akhir seluruh alam semesta.dan segala makhluk hidup ciptaan-Nya.

Unsur Air











Sifat mewakili kepandaian, manfaat, bakat, komunikatif, tetapi tidak bisa menjadi pemimpin yang baik, karena dalam tindakan selalu berlandaskan perasaan dan tidak mengenal sifat tegas, selalu merendah. Penggunaan material ini. Sifat air diidentifikasikan dengan masalah rezeki yang baik, tetapi sifat dasar air sendiri sulit diraba dan tidak menentu, kadang tenang kadangkala bisa bergerak menjadi ganas.

Unsur Kayu











Mewakili sifat optimis, kemauan keras, tekat, bijaksana, tidak terlalu ambisius, kerjasama yang tinggi. Sifat ini dipakai oleh mereka yang berwatak optimis, gerak cepat, mempunyai semangat juang tinggi, menjunjung tinggi toleransi terhadap sesama, pandai melihat situasi, usaha yang cocok adalah mode, akuntan, pengarang buku, bunga, obat, seniman, iklan, arsitek, penerbit, advokat, wartawan.

Unsur Api











Mewakili sifat agresif, optimis, pandai, jiwa pemimpin, biasanya agak emosional dan tidak sabaran. Sifat api ini tidak cocok bagi yang berpendirian keras, mau menang sendiri, usaha yang cocok adalah biro jasa, pemusik, apotik, hiburan, penyanyi, dokter, elektro, radio, televisi, minyak.

Unsur Tanah











Mewakili sifat sederhana, bijaksana, mementingkan fungsional dari pada teori. Walaupun banyak menghasilkan orang-orang cerdas tetapi kurang imajinatif. Sifat dasarnya adalah menghasilkan.

Unsur Logam











Mewakili sifat tegas, selalu optimis, peka, insting yang kuat, keras kepala, gigih dalam perpendapat. Sangat cocok bagi yang berjiwa komunikatif dan pandai mempengaruhi orang lain. Usaha yang cocok adalah Bank, asuransi, saham, mobil, motor, mesin, politikus, elektronik, alat-alat besi.


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus