04 July 2011

INTERACTIVE BLEND TOOL

Kembali teman yang bertanya. Rasanya ada kebahagiaan tersendiri tatkala ilmu yang kita miliki bisa berguna buat orang lain. Perhatikan gambar dibawah berikut :


Bagian yang dilingkari warna merah adalah pertanyaan sahabat tersebut. Bagaimana membuatnya ?

Mari kita pelajari pemggunaan Interactive Blend Tool (IBT).
IBT adalah tool yang digunakan untuk membuat beberapa pengulangan objek, warna atau vector. Gambar berikut akan menjelaskannya.


Bentuk A akan di ulang beberapa kali ke bentuk B. Bisa saja. Dalam kasus ini choesny contohkan membuat rambut/arsiran . Caranya buat objek A, gandakan dan geserkan sedemikian rupa. Klik gambar A atau B kemudian klik IBT. Click and drag mouse ke arah tujuan. sehingga pengulangan terjadi.


Kita bebas memasukkan nilai untuk jumlah pengulangan. Perhatikan Properties pada IBT. Persoalannya bagaimana kalau pengulangan tersebut bervariasi, tidak lurus misalnya.
Pertama buatlah sebuah curva yang kita fungsikan sebagai Path/ rel. Klik objek yang sudah kita Blend, klik pada properties > New Path dan arahkan mouse ke Path/Rel yg kita buat sebelumnya. Selanjutnya anda perlu mengatur objek agar sesuai keinginan dan disain yang dibuat.


Blend Tool mengikuti Path/Rel yang kita buat tadi.


Semoga penjelasan ini dapat membantu teman kita tadi.
Salam sukses untuk anda dan orang2 yang anda cintai.




CHOESNY
Suka bercanda, ketawa dan bermain sulap. Lainnya yang positif dan menguntungkan buat diri sendiri dan orang lain.


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

5 comments:

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus