;

20 July 2011

Membuat Font (TTF) dengan CorelDRAW

Sebenarnya membuat font dengan CorelDRAW mudah kalau kita mengikuti langkah sesuai dengan yang ditentukan oleh yang empunya CorelDRAW, bukan trus kita buat object Vector font trus di Export TTF dan selesai, hehehe... tidak sesederhana itu caranya...

Pada kesempatan kali ini mari kita bersama sama mencoba membuat Font .TTF (True Type Font) yang merupakan  kasus dari salah satu teman kita pada KPCI yang kesulitan untuk membuat Font sendiri dengan CorelDRAW.


Pertanyaanya sebagai berikut;
Mass bro yg baek.. minta tuluuung kasih solusi n klo da share tutor bikin font..
kemaren nyoba, tp kerapatannya Ga Teratur antara huruf yg sempit dan lebar (huruf I dan W) tanda baca (. ,) Spasi, semua berjarak sama..
Trims sebelumnya..
Ok.... mari kita mulai dan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut;

1. Membuat Sketsa huruf
1.1. Kita buat sketsa pada kertas karakter font yang akan kita buat
1.2. Selanjutnya Scan karakter font tersebut.
1.3. Kemudian Trace, Break Apart, sehingga akan  tercipta object terpisah-pisah
1.4. Pada objek karakter font (abegopq) di Combine agar sesuai dengan yang kita harapkan,

Atau untuk latihan kita bisa ketik Text yang ada di komputer, dan kita pilih jenis font yang kita inginkan, kita cukup Break Apart dan Convert to Curves untuk merubah Teks menjadi Kurva, sekedar untuk mencoba latihan)

Contoh gambar sketsa yang sudah dibuat seperti langkah diatas:


2. Mengatur lebar halaman
2.1. Klik Layout pada Menu Bar > pilih Page Setup...

2.2. Ketikkan  pada Width 300Hight 300 (satuan ukuran dalam milimeters)  > klik OK;


3. Menambah Halaman
3.1. Sekali lagi  Klik Layout pada Menu Bar > pilih Insert Page... ;


3.2. Pada Number of pages ketikkan angka 55 klik OK sehingga halaman akan berjumlah 55;


3.3. Buat tanda navigasi untuk mengatur jarak huruf/font yang akan dibuat dengan cara tekan pada ruller (penggaris) dengan tidak melepas mouse drag ke bawah, begitu juga yang disamping;


4. Mengatur posisi karakter huruf pada halaman
4.1. Masukkan huruf yang sudah kita buat tadi pada setiap halaman, urut Page 1 untuk huruf "a" dst. sampai semua karakter huruf  pada posisi masing-masing;
4.2. Kira-kira perhalaman seperti gambar dibawah initampilannya;


5. Export 
5.1. Setelah semua huruf tersusun pada halaman, langkah selanjutnya klik icon Export  pada Standartd Bar, lakukan proses Export perhalaman satu persatu dan jangan lupa setiap Export objek karakter font harus terseleksi atau keadaan terpilih, kalau tidak demikian maka pada pilihan Selected only tidak aktif;

 

5.2. Pada kotak dialog beri nama file pada File name, pada Save as type pilih TTF - True Type Font dan yang perlu diingat PENTING! kotak pada Selected only sudah ada tanda centang dan selanjutnya klik Export;


5.3. Pada kotak dialog berikutnya pada Family name ketikkan apa saja, kalau file disini aku beri nama Suka suka gue yang nantinya menjadi nama file TTF > klik OK maka akan tampil dialog pilihan dan pilih Yes


5.4. Nah ini yang paling penting, kita tadi kan men-Export karakter huruf "a" jadi pada Character block kita pilih "a" yang merupakan karakter nomer yang ke 97


5.5. Untuk memasukkan huruf "b" dan yang lainya, lakukan dengan cara yang sama dimulai dari menyeleksi huruf "b", yang berbeda disini, untuk Export huruf "b" dan seterusnya ketika Export harus klik ganda atau dobel klik pada file .ttf yang sudah tersimpan sebelumnya, agar supaya semua font akan tergabung jadi satu file dengan nama "Suka suka gue.ttf" nantinya;


5.6. Dan ini mungkin pertanyaan yang dimaksud, untuk karakter .,;:/()"'! dsb.... langkah yang dilakukan sama seperti langka sebelumnya, coba sampeyan perhatikan gambar dibawah ini..!, Ok... pada Character block pilih  koma (,) yang merupakan Character Number yang ke 44


5.7. Jadi pada dasarnya CorelDRAW sudah mengatur Width (lebar) karakter Font, seperti karakter "M" itu lebih lebar dari karacter  "N"
 

5.8. Selesai.... kalau Mas Bro mengikuti langkah diatas dengan benar maka semua karakter font akan kumpul jadi satu File seperti gambar diatas, dan sudah siap untuk di instal pada System Windows kalau gak ngerti cara meng-instal baca disini !

Semoga bermanfaat..... Selamat mencoba.....


ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Diposkan Oleh : Zainoel Arifin

Seluruh artikel pada Blog ini dapat dicopas, dimodifikasi, diperbanyak, dicetak, disebarkan secara bebas dan boleh tidak menyebutkan sumber asal dari artikel yang ingin Anda tampilkan dari blog ini bila Anda merasa terganggu. Kecuali artikel dari sumber lain yang di share pada blog ini harus disertakan link sumber aslinya.


23 comments:

  1. suip...thanks mas bro buat tutorialnya

    ReplyDelete
  2. font nya kok g gabung y gan????
    mohon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya sampeyan buat huruf latin...? kalo betul setiap perpotongan antar huruf sampeyan atur tinggi dan besarnya sama...

      Delete
    2. kalau maksudnya file hurufnya jadi satu, beri tanda rumput(centang) pada Selected only..

      Delete
    3. aku amati sekali lagi mungkin maksudnya file berdiri sendiri2... kalau memang seperti itu adanya, coba simak lagi langkah nomor 5.5

      Delete
  3. wah, matur nuwun share-nya mas. Patut dicoba nih..

    ReplyDelete
  4. Buatin font gambar stitch dong :(

    ReplyDelete
  5. mas, sekali2 tampilkan cara membuat spanduk donk?????

    ReplyDelete
  6. KOK GA BISA YA ? SAYA UDAH COBA DENGAN LANGKAH SEPERTI DI ATAS, TAPI WAKTU EXPORT KELUAR LAPORAN " TOO MANY OBJECT TO EXPORT"
    MOPHON BANTUANNYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih, bisa kasih solusi gak?

      Delete
    2. itu mau di weld dulu kayaknya bro, aku jg mengalami itu kmrin

      Delete
    3. TOO MANY OBJECT TO EXPORT itu artinya OBYEK TERLALU BANYAK UNTUK EKSPOR jadi masbro sudah mengerti maksudnya kan bahwa sampeyan mungkin salah dalam proses Export.... simak dengan seksama dan pelan2 cara Export..

      Delete
    4. atau coba simak pada nomor 5.1. dan 5.2. disitu ada tulisan "proses Export perhalaman satu persatu dan jangan lupa setiap Export objek karakter font harus terseleksi atau keadaan terpilih" itu harus sampeyan perhatikan...!!!

      Delete
  7. mas aku udh coba langkah"nya dan alhamdulillah berhasil, cm hanya 1 yg aku heran kok jarak spasinya jauh banget ya.

    gmn ya cara nyeting spasinya mas?
    atau ada kode karakter angka juge ya utk spasi kayak huruf-huruf yg lain?
    mohon bantuannya mas timakasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lakukan cara 5.4. itu adalah untuk mengatur spasi pada tiap2 karakter font..

      Delete
  8. MAKASIH BRO MEMBANTU BANGET BWT GWE..,
    :)

    ReplyDelete
  9. Bro napa nih waktu expot ada bacaan bitmaps not supported

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada objek bitmap didalamnya memang gak bisa mas..

      Delete
  10. mas bos, cara ngatur jarak spasinya gimana. maksudnya jarak perhuruf jauh dekatnya byar bisa sesuai keinginan. kalau kemarin ak nyoba jarak spasinya susah ngaturnya. mohon bantuanya tanks. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. lakukan cara 5.4. itu adalah untuk mengatur spasi pada tiap2 karakter font..

      Delete
    2. bisa kasihh penjelasan yg lebih rinci ga mas bos. maksudnya biyar lebih jelas gitu. kemarin kita juga dah sempet nyoba di langkah 5.4 tu dengan menghilangkan contreng pada autonya, tapi tetep saja jaraknya tidak beraturan. ada yang jauh & malah ada yg numpuk. mohon bantuanya. tanks

      Delete
    3. seperti karakter "a, m, h" itu memang tidak brpengaruh terhadap spasi yang sudah di tentukan sebelumnya, tapi untuk karakter berkaki biasanya ada masalah dengan spasi karena untuk kaki depan menjorok kedepan misalnya pada karakter 'j" dan untuk mensiasati hilangkan contreng dan geser guideline untuk memperlebar jarak spasi..

      Delete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...