22 July 2011

Buat Logo Muhammadiyah dg Menu Polygon Tool

Sebagai umat Islam siapa yang tidak tahu Muhammadiyah yang merupakan organisasi Islam terbesar nomor 2 di indonesia setelah NU, adapun logo dari organisasi tersebut kalau dilihat dengan seksama kelihatannya ruwet atau sulit, sebenarnya tidak demikian, dengan CorelDRAW logo ini mudah untuk dikerjakkan, bahkan sangat sederhana, Kalau Mas Bro ingin iseng corat-coret silahkan ikuti langkah berikut ;

Dibawah ini gambar Logo Muhammadiyah yang akan kita buat;



Buat object Polygon dengan Polygon tool pada Toolbox




Pada Properti Bar ubah Points or sides menjadi 12



Drag kebawah menggunakan Shape Tool


Hasilnya seperti gambar dibawah ini



Langkah selanjutnya masih dengan Shape Tool klik pada garis (seperti gambar dibawah) dan klik Add nodes




Aktifkan Snap to object pada menu View dengan maksud agar mendapatkan titik pertemuan sumbu yang pas, selanjutnya node yang kita buat tadi drag ke bawah sampai ada titik temu dengan munculnya indicator center.




Begitu seterusnya lakukan berulang-ulang sampai menemukan hasil yang kita harapkan



Hasilnya seperti gambar dibawah ini;



Langkah selanjutnya buat tiga object lingkaran, combine object yang paling besar dan yang tengah, kemudian pada sampingnya buat object bantu untuk memotong dengan mengunakan menu Trim dan  beri warna putih dengan Color palette, object lingkaran yang paling kecil beri warna hitam.



Selanjutnya beri warna kuning pada Fill dan beri warna hitan pada Outline dan tambah ketebalannya, seperti gambar dibawah.


Selanjut, aktifkan Doker Insert Character dengan klik Menu Text --> Insert Symbol Character, dan cari di komputer sampeyan symbol tulisan Muhammad (kalau tidak punya minta pada Mbah Google) kemudian seret ke area kerja dekan object yang kita buat tadi.





Begitu juga dengan Text Arabia caranya seperti langkah diatas dengan cara drag satu persatu ke area kerja text yang kita butuhkan





Selesai,  hasilnya seperti gambar dibawah ini.



Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

4 comments:

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus