25 July 2011

OLE (Object Link and Embedding)

Kita-kita sebagai pengguna CorelDRAW menyadari bahwa pada aplikasi ini masih banyak kekurangan, baru akhir2 ini ada plugin yang namanya simple seps plugin, tapi kita sebagai pengguna CorelDRAW tidak perlu kawatir dengan kekurangan itu, karena CorelDRAW merupakan program aplikasi berbasis CAD yang dapat bekerja sama dengan aplikasi lainnya. Fasilitas yang digunakan untuk itu adalah OLE (Object Link and Embedding), dengan fasilitas OLE ini kita dapat mengetik dengan MS Word atau membuat desain dengan AI yang sekiranya tidak dapat dikerjakan dengan CorelDRAW atau kita menggambar desain dengan Photoshop


Untuk menggunakan fasilitas OLE yaitu pada Menu Bar klik Edit --> Insert New Object.




Pilih salah satu program, Adobe Ilustrator misalkan selanjutnya klik OK




Tunggu barang sejenak hingga aplikasi Adobe Ilustrator terbuka,




Kemudian desain apa yang anda inginkan pada Adobe Ilustrator




Setelah selesai membuat desain, klik pada Area kerja (area kosong) pada CorelDRAW, maka semua yang kita desain dengan Adobe Ilustrator akan menjadi object CorelDRAW, jika kita akan mengedit desain kita, yang dilakukan adalah dengan klik ganda pada object OLE tadi sehingga secara otomatis kita akan kembali terhubung dengan Adobe Ilustrator.




Catatan;
Object OLE tadi tidak akan tampak apabila kita edit pada komputer lain yang tidak ada Aplikasi Adobe Ilustrator, untuk mengakali dengan cara di Convert To Bitmap.


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

6 comments:

  1. Terimakasih atas semua tutrialnya, sangat2 menarik dan sangat2 bermanfaat bagi saya yang masih pemula dalam design CorelDraw. Mohon Izin Copy Paste buat belajar Otodidak dan keperluan lainnya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih dari semua tutorial yang di posting sdh sy baca dan mohon izin untuk mengcopynya..karna sy senang dengan desain...dan ini sangat membantu saya untuk belajar corel draw..sekali lagi terimakasih banyak .....

    ReplyDelete
  3. kalau enggak ada adobe ilustrator tutorial itu masih bisa diterapkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berlaku untuk semua aplikasi yang berbasis CAD, seperti MS Word, Excel, Ai, Photoshop, AutoCAD, dll

      Delete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus