18 August 2011

Mengurangi Jumlah Node Secara Otomatis

Biasanya kalau kita meng-import file  WMF jumlah node yang ada di object tersebut jumlahnya sangat banyak dan kita akan kesulitan apabila akan mengedit gambar tersebut, mau tidak mau kita harus mengurangi jumlah node yang ada, dengan node yang sedikit disamping mudah dalam pengeditan file juga kecil.

Pada CorelDRAW  ada fasilitas untuk mengurangi jumlah node secara otomatis, jadi Mas Bro sekalian tidak perlu untuk mengurangi satu-persatu node yang ada, 

Adapun langkahnya sebagai berikut;

sebagai contoh kita Import file dengan format WMF, meskipun gambar ini sederhana tapi dalam kenyataan node-nodenya sangat banyak.


Ini sebagian dari node yang aku tangkap, bisa sampeyan bayangkan sendiri semua yang ada pada object gambar penuh.



Dan untuk mengurangi node tersebut, untuk mempermudah pertama  sampeyan ubah dulu tampilan menjadi Wireframe, seperti gambar dibawah ini.




Pada salah satu objek, dengan Shape tool pada Toolbox klik satu node pada object tersebut, pada Status Bar terdeteksi jumlah node pada object Curva tersebut adalah 637, itu adalah jumlah node yang terlalu banyak untuk sebuah object gambar yang sederhana seperti itu.



Untuk menyeleksi semua node yang ada pada object klik Select all nodes pada Property Bar



Kemudian klik Reduse Nodes untuk mengurangi node yang dirasa tidak perlu secara otomatis.




Maka jumlah node berkuran separuh lebih, dengan jumlah angka yang tertera pada Status Bar 305, lo... lumayan kan!, bila di rasa masih terlalu banyak ulangi seperti langkah di atas, maka node akan berkurang lagi.


Monggo di coba.


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

1 comment:

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus