11 September 2011

Mengenal Warna Pada Desain Grafis

Pada dasarnya setiap warna memiliki filosofi yang sangat mendalam dan dapat mempengaruhi jiwa manusia, disisi lain warna merupakan salah satu material/elemen dalam seni Desain Grafis yang telah diterapkan hingga sekarang.

Warna yang ada di sebuah logo atau lambang mempunyai arti yang sangat penting untuk mewakili identitas, visi ataupun misi yang akan di bawanya, yang dapat memberikan dampak positif ataupun dampak negatif untuk perjalanan kedepannya, baik itu sebuah usaha bisnis ataupun sebuah organisasi.


Berikut makna dari masing-masing warna menurut kebudayaan Cina kuno yang sering disebut dengan istilah Feng Shui:

PUTIH
Cerah, Bersih, Netral, Suci, Warna putih apabila dilewatkan ke dalam sebuah prisma akan membias menjadi warna-warna yang lain (konsep RGB) warna ini dianggap tidak berpihak, pada logam dan batu mulia warna putih mewakili perak dan berlian.

MERAH
Power, Energi, Kehangatan, Cinta, Nafsu, Emosional, Gejolak, Bahaya.
Warna merah merupakan warna darah, warna panas yang tinggi, dan warna yang beresifat ke-Tuhanan, warna merah juga mewakili warna api yang menjilat-jilat membakar ke segala penjuru dan menimbulkan malapetaka. Warna merah sangat menguntungkan bagi bagi mereka yang lesu dan memerlukan semgat hidup, bagi mereka yang sensitif dan hiperaktif warna merah digunakan sesedikit mungkin.

ORANGE
Sosial, Rasa aman, Terikat. Mereka yang menggunakan warna ini cenderung mencari keamanan dalam kegiatan kelompok atau bekerja untuk orang lain.Warna jingga di Australia dipakai dalam bidang usaha Restauran, Warna ini memiliki kekuatan matahari terbenam dibawah cakrawala, hal ini menunjukkan tidakadanya keyakinan untuk bekerja bebas, karena bagi mereka bekerja itu harus dipimpin.

BIRU
Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Spiritualisme, Perhatian, Keprihatinan, Kebenaran, Kesetiaan, Keyakinan, Keteguhan, Kesetiaan. Banyak digunakan pada logo Bank di amerika Serikat untuk memberikan kesan kepercayaan. Biru adalah warna langit. Batu mulia yang dikaitkan dengan warna biru adalah Batu Safir.

HIJAU
Alami, Sehat, Sejuk, Ketenangan, Keberuntungan, Pembaharuan. Pengaruhnya perasaan tenang dan sejuk membuat mata tidak mudah lelah dan syaraf tidak tegang. Warna ini apabila dipakai secara berlebihan akan membuat orang menjadi iri dan rakus. Warna Hijau tidak terlalu ’sukses’ untuk ukuran global, di Perancis dan Cina warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan, tetapi di Timur Tengah warna Hijau sangat disukai. Batu mulia yang dikaitkan dengan warna hijau adalah Zamrud.

KUNING
Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidakjujuran, Pengecut Penghianatan. Kuning adalah warna keramat untuk Agama Hindhu. Warna ini memiliki kekuatan matahari terbit, penggunaannya dipercaya akan memungkinkan bertambahnya instuisi, ambisi dan pertolongan dalam mencapai kebijaksanaan. Warna kuning mewakili Emas.

UNGU
Spiritual, Misteri, Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran, Rasa cinta, Kebenaran, Nafsu, Penderitaan Keangkuhan. Warna ini disukai para penyair, filosof, tukang mimpi, pengarang dan penghayal. Warna Ungu sangat jarang ditemui di alam. Batu mulia yang dikaitkan dengan warna ungu adalah Batu Kecubung.

COKLAT
Energy, Kokoh, Keseimbangan, Kehangatan, Daya tahan, Tanah/Bumi, Reliability, Comfort. Menekankan sebuah produk yang tidak mahal. Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Colombia warna Coklat untuk kemasan kurang membawa hasil. Biasanya orang yang menghadirkan warna ini biasanya suka bekerja keras untuk membuat kehidupan lebih mantap.

ABU-ABU
Kesederhanaan, Kesedihan, Ketakutan, Kepalsuan, Ketidakpastian, Intelek, Masa depan (warna Milenium), Warna Abu-abu adalah warna yang paling gampang dilihat oleh mata

HITAM
Power, Seksualitas, Kecanggihan, Kematian, Misteri, Ketakutan, Kesedihan, Keanggunan. Melambangkan kematian dan kesedihan di budaya Barat). Sebagai warna kemasan hitam melambangkan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan (Sopiscated). Warna ini juga mewakili suatu permulaan yang baru.

Bagaimana, sampeyan tertarik ?..ikuti posting selanjutnya, monggo.


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

2 comments:

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus