07 October 2011

Bermain Dengan Extrude

Applikasi : Corel X3
Tingkat Pemula.

Dengan Tool Extrude memungkinkan kita membuat sebuah image/vector berkesan 3 dimensi. Sehingga memberikan dimensi ruang. Sebagai awal, cobalah buat sebuah tulisan seperti berikut :





Pastikan objek disamping merupakan curve/kurva. Setelah pilih Interactive Extrude Tool. Sehingga kita bisa menggunakan tool tersebut. Caranya KLIK OBJEK dan GESER ke kanan atas seperti pada gambar berikut :




dan inilah hasilnya :






Nomer 1 - 6 adalah beberapa parameter pengaturan yang bisa digunakan untuk memodifikasi hasil rendering/arsiran gambar / tulisan extrude tadi. Kita coba dengan PENCAHAYAAN / LIGHTING.





Cobalah KLIK nomer 1, 2 dan 3 yang terdapat pada OPTION/kotak LIGHTING yang muncul dan perhatikan Hasilnya.

Sekarang kita coba KLIK EXTRUDE ROTATION (nomer 2)





Dengan ROTATION kita akan mendapatkan kontrol interaktif untuk kondisi 3 dimensi dari berbagai sudut. Anda bisa merubah proses ini dengan meng-KLIK tombol kordinat  X Y Z ( tanda panah biru ).

Selamat mencoba dan ber-eksperimen dan ber-main-main dengan EXTRUDE TOOL...Semoga bermanfaat...Ting!

 Penulis : Choesny Muhammad
 


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

6 comments:

  1. Wah, mantab ini om infonya, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. mantap infonya, mau tanya nih, apa ya yang menyebabkan fitur extrude rotasi tidak bisa sya gunakan...???? begitu juga dengan convert to curva, kadang tidak bisa di gunakan. saya jadi sering bingung nih. thx om

    ReplyDelete
  3. mas kok gambarny ga keliatan ya?

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus