;

11 October 2011

Cara Menambah Pattern Sendiri

Pattern pada CorelDRAW diperlukan untuk mengisi object kurva dengan maksud untuk mempercantik gambar terutama membuat background suatu gambar menjadi lebih ciamik, Kali ini penulis akan mengulas tentang cara menambah jenis pattern sendiri pada CorelDRAW, secara default CorelDRAW memang sudah menyediakan beberapa jenis pattern tetapi kita juga bisa menambahkan jenis pattern sendiri adapun langkah-langkahnya sebagai berikut;

1. Kita siapkan object berpola yang ingin sampeyan jadikan pattern.


2. Pada Menu Bar klik  Tools --> Create --> Pattern fill...



3. Pada kotak dialog create pattern pilih Two Colours pada bagian type, dan High pada Resolution lalu klik OK



4.masukkan objek gambar kedalam area koordinat .caranya mouse pada ujung kiri atas dan drag ke ujung kanan bawah hingga membentuk kotak bergaris putus-putus, seperti gambar dibawah ini


5. Kemudian pada kotak dialog Create Pattern yang muncul klik OK



6. Dan untuk memasukkan  pattern pada object caranya, buat object kurva dulu (kotak misalnya) kemudian object dalam keadaan aktif (terseleksi) bukalah Pattern Fill pada Toolbox.


7. Pilih 2-color dan cari pattern yang telah kita buat



8. Beri tanda rumput pada Taransform fill with object dan klik OK


Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini;


File contoh Pattern dalam bentuk Vector format CorelDRAW



ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Diposkan Oleh : Zainoel Arifin

Seluruh artikel pada Blog ini dapat dicopas, dimodifikasi, diperbanyak, dicetak, disebarkan secara bebas dan boleh tidak menyebutkan sumber asal dari artikel yang ingin Anda tampilkan dari blog ini bila Anda merasa terganggu. Kecuali artikel dari sumber lain yang di share pada blog ini harus disertakan link sumber aslinya.


3 comments:

  1. Maz Zai....
    Hamba terkesan dengan tulisan sampeyan. Sangat bermanfaat bagi makhluk yg demen ngotak atik CorelDraw. Perbanyak untuk Photopaintnya. Suwun.

    ReplyDelete
  2. tanya. kenapa pas udah muncul koordinat, pas mau dipasin, ada dialog : pattern rectangel is too small. please use a larger rectangle. pas udah dibesarin, eh tetep aja gabisa. itu gmn?

    ReplyDelete
  3. ini yang saya cari2... makasih mas, sampeyan sungguh membantu

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...