13 October 2011

Fitur Bantu Tracing Wajah secara Manual

Disini aku tidak menjelaskan bagaimana caranya membuat gambar Vector wajah secara manual, karena dalam membuat gambar wajah sifatnya hanya pengulangan saja pada tool yang ada, biasanya yang dipakai adalah freehand tool atau sejenisnya dan Shape tool, tapi disini aku akan jelaskan menu atau fitur yang berfunsi untuk mempermudah dalam kita men-tracing atau menjiplak (bhs jawanya; ngeblat... hehehe)  wajah secara manual.

Aku jelaskan sedikit tentang tracing ....Tracing adalah teknik “menjiplak” gambar atau foto dari Bitmap Menjadi Vector. Proses mentrace sebuah gambar bisa dibilang sangat sederhana. Cukup sediakan gambar atau foto, bisa dari hasil jepretan foto digital atau hasil scan, lalu dengan menggunakan software olah gambar berbasis Vector seperti CorelDRAW ini misalnya gambar tersebut bisa ditrace atau dijiplak. Tujuan dari mentracing gambar adalah untuk mengubahnya menjadi sebuah lineart agar bisa diwarnai dan dimodifikasi (dalam hal ini berbentuk graphic vector).


Contoh gambar vector wajah seperti dibawah ini....




Langkahnya sebagai berikut;
Contohnya kita akan menggambar vector foto gambar cewek yang di atas itu...

Cara 1;

Pada Menu Bar pilih Bitmabs --> Mode --> Paletted (8-bit)...



Atur pada kotak dialog, pada Dithering pilih None


Hasilnya seperti gambar dibawah;



Cara 2;

Menu Bar --> Effect --> Transform --> Posterize...



Pada slider atau parameter atur sesuai yang sampeyan kehendaki



Hasilnya seperti gambar dibawah ini;


Selesai, sampeyan tinggal tracing atau menjiplak pada perpotongan warna yang sudah terlihat tampak jelas itu...



ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Diposkan Oleh : Zainoel Arifin

Seluruh artikel pada Blog ini dapat dicopas, dimodifikasi, diperbanyak, dicetak, disebarkan secara bebas dan boleh tidak menyebutkan sumber asal dari artikel yang ingin Anda tampilkan dari blog ini bila Anda merasa terganggu. Kecuali artikel dari sumber lain yang di share pada blog ini harus disertakan link sumber aslinya.


1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...