04 November 2011

Find and Replace pada CorelDRAW

Find and Replace adalah fasilitas pada Coreldraw yang berfungsi untuk mempercepat dan mempermudah suatu pekerjaan. Dengan perintah ini kita bisa menemukan objek-objek dengan ciri tertentu sekaligus mengubahnya menjadi objek dengan ciri tertentu lainnya yang kita inginkan (misalnya mengganti warna).

Anggaplah kita mempunyai gambar yang susunan warna sebagai berikut;



Misalkan kita akan mengganti warna merah menjadi biru seperti gambar dibawah;



Langkah-langkah yang kita lakukan adalah :

Find; pada Menu Bar klik Edit --> Find and Replace --> Find Objects... sehingga muncul Find Wizard



Pilih Fills -->Uniform Color --> klik Next



Beri tanda ceklis pada Specific Uniform Color Fill --> pilih warna yang dicari, disini warna merah --> selanjutnya klik Next



Finish


Kalau warna yang kita cari sudah ketemu, objek tersebut akan aktif dan pada jendela gambar akan muncul kotak dialog --> Jika ingin menemukan warna pada objek berikutnya yang sama, klik Find Next. Jika ingin menemukan kesemua objek yang sama klik Find All. 



Ganti warna pada Color Pallete warna yang kita inginkan, biru misalkan, setelah selesai tutup kotak dialog dengan klik tanda silang pojok kanan atas. Selesai.



Begitu juga dengan Replace; Pada menu Bar Klik Edit --> Find and Replace --> Replace Objects...
Selanjutnya sampeyan coba-coba sendiri.


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

5 comments:

  1. matursuwun mas brooooo... terimakasih.... bagi pengguna corel tanpa sekolah kayak saya ini sangat terbntu sekali.

    ReplyDelete
  2. maturnuwun mas .. sangat membantu tutornya

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus