;

04 December 2011

Cara Download Torrent

Torrent sebenarnya adalah file extension dari aplikasi protokol BitTorrent yang berjalan pada Peer-to-Peer atau lebih dikenal dengan istilah 'p2p protocol', download dengan torrent sama halnya download melalui http port, hanya saja bedanya terdapat pada cara download packet, jika http menggunakan satu port pada single TCP socket dan pada port tertentu (port 80), BitTorrent menggunakan TCP socket yang berbeda-beda dan juga menggunakan random port pada setiap koneksi.

Kemudian hal yang paling menarik dari BitTorrent adalah:data source atau file yang di download tidak hanya di ambil dari satu sumber saja layaknya http, pada BitTorrent saat seeder (data supplier) mengirimkan copy ke salah satu peer (client) maka peer yang lain tidak harus mengambil data yang di perlukan ke seeder melainkan dari peer lain yang mempunyai data yang di perlukan, sehingga peer tadi tidak perlu mengambil dari seeder, oleh karena itu dinamakan peer-to-peer file sharing.



Cara mendownload Torrent
Jika kita ingin download sesuatu lewat torrent kita dapat menggunakan BitTorrent client seperti uTorrent, Azureus atau yang lainnya, cukup download file torrent yang diinginkan kemudian kita masukkan pada aplikasi BitTorrent Client tadi maka proses download akan dilakukan oleh BitTorrent Client tersebut, kita dapat melihat statistik data besar file, jumlah peers, jumlah seeders dan lain-lain.

Lambat saat download?
Kalau kita merasa download melalui BitTorrent lambat, anggapan itu salah besar, statistik dari sebuah ISP menunjukkan bahwa BitTorrent menggunakan sekitar 18% dari total traffic internet pada broadband connection di tahun 2004, jumlah yang cukup tinggi .
Kemungkinan yang terjadi saat download melalui BitTorrent lambat adalah sedikitnya peers/seeders, banyak peers namun jumlah seeder tidak sampai 5% jumlah peers, kita di belakang firewall (dengan artian kita memiliki firewall yang memblokir lalulintas data p2p), atau juga port yang kita gunakan untuk BitTorrent tertutup. Biasanya jika kita berada di kantor atau warnet kebanyakan yang terjadi adalah tertutupnya port untuk aplikasi BitTorrent karena kita berada dalam NAT.

Agar bisa membuka port untuk BitTorrent (officialy port:6881-6889) maka kita pelu melakukan `Port-Forwarding` agar port menuju komputer yang kita gunakan untuk download BitTorrent terbuka.

Sekian.


ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Diposkan Oleh : Zainoel Arifin

Seluruh artikel pada Blog ini dapat dicopas, dimodifikasi, diperbanyak, dicetak, disebarkan secara bebas dan boleh tidak menyebutkan sumber asal dari artikel yang ingin Anda tampilkan dari blog ini bila Anda merasa terganggu. Kecuali artikel dari sumber lain yang di share pada blog ini harus disertakan link sumber aslinya.


2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...