;

05 December 2011

Cara Memotong Foto di CorelDRAW

Disarankan pakai CorelDRAW X5 & X6.

Siapa bilang memotong (croping) foto di CorelDRAW sulit atau fasilitasnya terbatas..! tidak juga tu... bahkan memotong foto di CorelDRAW ada berbagai macam cara, dan Mas Bro sekalian bisa leluasa memilih cara mana menurut sampeyan yang enak di pakai, bahkan menurutku fitur yang berfungsi untuk memotong di CorelDRAW semua berfungsi dengan baik dan mudah dalam pengoperasiannya;




Adapun Fitur-fitur yang dapat di gunakan untuk memotong object antara lain;
  1. PowerClip
  2. Crop tool
  3. Knife
  4. Eraser
  5. Shape tool
  6. Lens
  7. Trim
  8. Intersect
Lo.. banyak kan!!. OK mari kita ulas satu persatu, sebagai contoh yang akan kita potong adalah object foto diatas;

1. PowerClip
Siapkan fotonya (gbr.1), Buat Kotak dengan Rectangle tool dan atur sesuai dengan keinginan tempatkan pada object yang akan di potong (gbr.2), selanjutnya klik object foto dan pada Menu Bar --> Effects --> PowerClip -->Place Inside Container... kemudian akan tampil panah gede, arahkan pada object kotak, maka gambar akan terpotong seperti (gbr.3) kalau di rasa kurang pas letak hasil potongan kita, klik pada object hasil PowerClip, kembali pada langkah awal tapi pilih Edit Contents... dan atur posisi kotak, kalau dirasa cukup kembali pada langkah awal klik Finish Editing This Level, selesai


2. Crop tool
Pada Toolbox pilih Crop tool, sorot dan seleksi pada foto yang akan di croping dengan Crop tool (gbr.1), dan atur kotak navigasi disamping-samping nya untuk menentukan gambar yang kita potong, selanjutnya dobel klik di dalam area kotak dan hasilnya seperti (gbr.2)


3. Knife tool
Pada Toolbox pilih Knife tool arahkan pada salah satu sisi kemudian klik  dan geser Knife tool pada sisi yang lain dan klik (gbr.1), kemudian coba geser salah satu object yang terpotong (gbr.2)


4. Eraser
Pada Toolbox pilih Eraser tool dengan tetap tekan mouse arahkan daerah yang akan di croping  dan geser Eraser tool pada daerah yang lain dan lepas mouse (gbr.1), selanjutnya jangan lupa tekan Ctrl+K untuk memisah object hasil potongan dan buang object yang dianggap tidak perlu (gbr.2)


5. Shape tool
Klik salah satu node yang ada di samping object foto dengan Shape tool (gbr.1), kemudian geser kedalam maka akan seperti (gbr.2)


6. Lens
Trik ini hanya berkaku pada CorelDRAW 12 kebawah, karena fitur Intersect, Trim, tidak bisa untuk memotong object foto/bitmap, dan Crop tool belum ada, kalau digunakan pada CorelDRAW X3 ke atas sudah tidak efektif lagi. Caranya; buat object lingkaran atau apa saja, tempatkan diatas pada object foto, kemudian pada Menu Bar --> Klik Effects --> Lens (Alt+F3)


Selanjutnya pada Docker Rollup atur seperti gambar dibawah ini;


Coba sampeyan geser kesamping hasil Lens tadi maka hasilnya seperti gambar dibawah ini;


7. Trim
Buat object kotak atau apa saja, arahkan pada object foto yang akan di potong (gbr.1) , kemudian object kotak dalam keadaan terseleksi/aktif tekan Shift+klik di Keyboard pada object foto dan pada Property Bar klik Trim hasilnya seperti (gbr.2), dan buang object kotak yang berfungsi sebagai pemotong tadi, hasilnya seperti (gbr.3)


8. Intersect
Buat Object bebas dengan Bezier tool yang bertujuan untuk memotong, kemudian select kedua object  (gbr.1) dan pada Property Bar klik Intersect, kemudian hasil Intersect coba sampeyan geser kesamping, hasilnya seperti (gbr.2)


Jadi sampeyan tidak bisa beranggapan lagi bahwa fitur untuk Croping/memotong di CorelDRAW itu terbatas... hehehe.... selamat mencoba..

NB:
Sebelumnya aku minta maaf pada MasBro sekalian, pada posting tutorial diatas tidak ada maksud untuk menyesatkan Masbro sekalian, aku membuat tutorial ini untuk kepentingan pribadi dan orang lain yang membutuhkan, gambar untuk demo tutorial diatas menurutku masih dalam batas wajar (tidak porno), seandainya ada sahabat corelover yang tidak berkenan dengan tutorial diatas silahkan cari sumber di tempat lain, dari pada sampeyan berkomentar pake Anonymous yang membuat panas kuping sehingga menjadikan ilmu yang tidak barokah.... dan komentar2 yang tidak bijaksana dan kurang mendidik langsung aku hapus, sekali lagi maaf...


ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Diposkan Oleh : Zainoel Arifin

Seluruh artikel pada Blog ini dapat dicopas, dimodifikasi, diperbanyak, dicetak, disebarkan secara bebas dan boleh tidak menyebutkan sumber asal dari artikel yang ingin Anda tampilkan dari blog ini bila Anda merasa terganggu. Kecuali artikel dari sumber lain yang di share pada blog ini harus disertakan link sumber aslinya.


18 comments:

  1. kalo seleksinya biar kaya di photoshop,, misal orang yang di lukis itu semua badannya yang terseleksi gimana ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. di CorelDRAW tidak bisa.... harus edit bitmap....

      Delete
  2. Croping cara begini bikin file corel jadi besar nggak ya..apalagi banyak foto yg harus dicroping.... beban jadi lebih berat kayaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap file yg sudah di croping di convert to bitmap maka ukuran file akan sesuai dengan besarnya gambar yg sudah di croping..

      Delete
  3. yang enak pilih gambarnya jadi males belajarnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. males belajar itu hak Anda... aku membuat tutorial ini memerlukan waktu, tenaga dan pikiran dg maksud untuk memberi informasi saja, di pelajari sukur gak dipelajari juga tidak apa2 ...

      Delete
  4. gooood.. saya coba dulu gan,, tulisan yang bagus

    ReplyDelete
  5. Muuaaannntap Gan....
    Kalau ada artikel yang bisa menambah pengetahuan teknik & cara menggunakan corel posting terus Gan...
    Saya aja yg baru belajar corel banyak ambil dari artikel2 disini, Terima kasih Gan....

    OHOOOYYYYYY........

    ReplyDelete
  6. Gan, saya mau croping dgn memakai intersect, bidang yg mau dicrop sdh saya batasi dgn pen tool, tetapi ketika digeser yg tergeser hanya garis2x bidangnya saja, sedangkan gambar yg ingin dicrop tidak ikut tergeser, kira2x kenapa ya ?

    ReplyDelete
  7. lumayan bsa tmbh ilmu,thnk ya gan...?

    ReplyDelete
  8. sederhana sekali, sederhana orangnya sederhana ilmunya

    ReplyDelete
  9. kasih materi buat belajak kok vulgar? niat belajar malah dikira yg tidak2 nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan itu sudah pake baju motif macan kang Onanymous, pake topi koboy lagi.... apanya yg vukgar..?!

      Delete
  10. salam,simpel cepet dimengerti model oke kira kira dimana beli baju tuh model hehe,makasih gan tutorialnya

    ReplyDelete
  11. sipp, info yang menarik mas, manfaat untuk saya yang nyubi di corell

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...