14 December 2011

Cara Mengetahui Jenis Font di CorelDRAW

Dengan CorelDRAW kita dapat mengetahui jenis atau nama suatu font dengan hanya bersumber pada Gambar Bitmap, dengan dipostingnya tutorial ini semoga mas Bro sekalian sudah tidak bingung lagi untuk mengetahui jenis font pada suatu desain tertentu, syarat utama komputer harus koneksi Internet

Adapun trik untuk mendeteksi jenis font pada suatu object bitmap sebagai berikut:

Misalkan kita akan mendeteksi apa kira-kira nama atau jenis font dibawah ini? pasti sampeyan akan jawab 'Times New Roman  Bold' ya kan... tapi ini sekedar contoh, hanya untuk memastikan saja!

1. Misal dibawah ini adalah object bitmap dengan jenis font warna merah yang  kita anggap belum tahu namanya;


2. Seleksi objek bitmap diatas, pada Menu Bar > Bitmaps > klik Convert To bitmaps, pada kotak dialog, Color mode pilih Grayscale (8-bit) klik OK


Hasilnya seperti gambar dibawah ini;


3. Objek masih dalam keadaan terseleksi, masih pada Menu bar > Effects > Adjust > Brightness/Contrast/Intensity...


4. Muncul kotak dialog seperti dibawah ini, atur slider pada Brighness: -100 Contrast: 100 Intensity: 100.


5. Maka hasik objek bitmap tadi akan hitam pekat seperti dibawah ini;


6. Dan kalau sudah tercipta objek bitmap seperti diatas baru pada Menu Bar > Text > pilih WhatTheFont?!...



7. Kalau muncul bentuk cursor seperti di bawah ini, drag untuk menyeleksi captur area object bitmap;

8. Seperti gambar dibawah ini, Widht menunjukkan panjang =248, Height menunjukkan tinggi=51;
 9. Lepas pointer/Mouse, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, tunggu, barang sejenak



10. Maka pada Browser kita akan terbuka situs 'My Fonts' Kemudian klik link Continue


11. Maka akan muncul nama dari jenis font tersebut;


Selamat mencoba, Sekian

ide posting; Andri Dnd


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

14 comments:

  1. trima kasih mas bro nice info. tp scan font nya harus jelas ya. biar pas bacanya. kemarin q nyoba stempel ane scan karena huruf g rata akhirnya g nemu nrmu. tp untuk huruf yang jelas. bisa membaca font .trima ksih

    ReplyDelete
  2. itu dirubah dulu menjadi warna hitam pekat seperti itu untuk memperjelas toh...???

    ReplyDelete
  3. kok, gg bisa ya??? tulisan What the fonts?!-nya warna abu-abu

    ReplyDelete
  4. d corel 12 kq g ada printah bgtuan,,,
    mhon masukan nya. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum ada fitur WhatTheFont?!... coba pakai jurus INI !!!!!

      Delete
  5. Saya sudah ikuti langkah-langkahnya tapi setelah saya select kok browsernya nggak mau buka padahal saya sudah online, apa ada settingan lain untuk mengconectkan coreldraw dengan internet.
    Mohon bantuanya Terima Kasih

    ReplyDelete
  6. sumpah keren banget. dari dulu ane nyari yg kayagini. semoga master masuk surga

    ReplyDelete
  7. mbah Zainoel yg baik hati, saya menggunakan coreldraw x7, hanya saja menu what the fon?!... nya kok tidak berfungsi yaa setelah melakukan langkah spt di atas? cara memfungsikan menu tsb gimana mbah?
    thanks yaa mbah..

    ReplyDelete
  8. saya pada kasus yang sama mbah...

    ReplyDelete
  9. Kalo pilihan what the Font nya ga nyala gimana mbah,padahal saya udah ngikutin tutorialnya..apa ada yg salah? saya pake x7

    ReplyDelete
  10. iya nih What the font nya gak aktif

    ReplyDelete
  11. di corel 2019 gak ada tulisan what a font nya ya , apa cuma punya gua aja ?

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus