;

18 March 2012

Cara Mengisi Toner Printer Laser Jet

Mempunyai Printer Laser memang sangat enak karena kita bisa menghemat pengeluaran utk mencetak, dibanding dengan printer yang memakai tinta printer dengan menggunakan toner atau serbuk sangat irit, tetapi persoalannya mengisi printer laser tidaklah semudah mengisi printer yang menggunakan tinta, memang banyak jasa-jasa untuk pengisian printer laser tetapi biayanya sangatlah mahal. untuk sekali isi printer dikenakan rata-rata Rp. 100.000 padahal kalau kita bisa mengisi sendiri kita bisa menghemat sekita 8 x lipat dari kita menggunakan jasa. Bayangkan saja jika kita membeli serbuk dengan harga Rp. 200.000 kita bisa mengisi sampai 8 kali padahal kalau menggunakan jasa hanya bisa untuk mengisi 2x saja. jadi bisa dihitung berapa rupiah yang bisa kita hemat hanya untuk mengisi printer. Belum lagi jika kita sudah mahir malah kita bisa membuka jasa pengisian printer. Berikut ini saya tuliskan kembali bagaimana cara mengisi printer laser dan kalai ini adalah jenis printer HP 1020 walaupun untuk jenis dan type yang lain tidak banyak berbeda, kita bisa kreasi sendiri. 

Berdasarkan pengalaman saya, cara pengisian toner tidak melalui lubang yg kita buat, melainkan dengan membuka drum film. Caranya buka sekrup yg ada di samping kiri & kanan, drum film sudah longgar. Cabut drum perlahan-lahan (jangan sampai cacat) dengan mencongkel salah satu sisi cartridge yang longgar (jangan sampai patah).






Setelah drum film dilepas dari cartridge akan terlihat deploping/magnet rol yg berwarna hitam (tempat toner), Lalu putar gear cartridge (hati-hati jangan salah arah. jika salah toner akan keluar dari magnet rollnya. apabila itu sempat terjadi maka putarlah gear tadi ke arah yang berlawanan)








Bila putaran gear sudah betul, masukan toner sedikit demi sedikit sambil memutar gearnya. Memang agak sedikit repot dan kotor, tetapi cara inilah yang saya anggap sangat memuaskan. Untuk memasukan toner ke magnet roll gunakan kertas sebagai sendoknya. Biasanya 1 cartridge bisa di isi lebih kurang 200 gr maksimal.







Setelah selesai di isi jangan langsung di pasang dulu drumnya, bersihkan dahulu karet / blit pembersih drum film. Letaknya dibagian atas magnet roll. setelah itu beri sedikit bedak bayi di sekitar karet /blit agar tidak kesat. apabila karet/blit kesat dapat merusak drum film.

Sesudah karet/blit di bersihkan, pasang kembali drum filmnya dengan hati-hati. Oke dehh….

Tambahan : 
  1. Ciri-ciri Drum rusak; Tulisan menjadi blur, bisa semuanya bisa sebagian atau tulisan tidak ngblok tidak jelas.Bisa juga bergaris umumnya bergaris vertikal atau horizontal.
  2. Ciri-ciri karet blit/karet pembersih Rusak; Hasil Print dikertas akan nampak bergaris lurus horizontal.Untuk lebih pastinya buka Drumnya lalu raba karet blitnya jika ada yg terasa kasar, itu bearti karet blitnya sudah ada yg luka / rusak.


    ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

    Diposkan Oleh : Zainoel Arifin

    Seluruh artikel pada Blog ini dapat dicopas, dimodifikasi, diperbanyak, dicetak, disebarkan secara bebas dan boleh tidak menyebutkan sumber asal dari artikel yang ingin Anda tampilkan dari blog ini bila Anda merasa terganggu. Kecuali artikel dari sumber lain yang di share pada blog ini harus disertakan link sumber aslinya.


    2 comments:

    1. keren boss.........

      ReplyDelete
    2. kang kalu beli toner-nya ja di mana ya
      n harga yang terjangkau tu ampek brapa ???

      ReplyDelete

    Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...