30 June 2011

Cara Sederhana Meningkatkan Performa CorelDRAW

Secara default CorelDRAW memperoleh quota memory sebesar 25% saja dari memori di komputer kita Apabila program CorelDRAW kita menjadi lemot atau lambat saat bekerja kita masih bisa mensiasati dengan memperbesar quota tersebut yaitu:


Klik menu Tools pada Menu Bar kemudian pilih Options...





Pada kotak dialog Options pilih Workspace  > Memory
pada halaman Memory yang muncul tentukan nilainya yang mas bro sekalian  inginkan pada kolom Maximum lalu kik OK



Nah... gimana sangat mudah dan gampang bukan? begitulah cara sederhana meningkatkan performa CorelDRAW...mungkin ada kritik dan saran silahkan cantumkan pada kolom komentar fisbuk....terima kasih....



Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

57 comments:

  1. kalo buat corel X5 apa sama,soalnya aku coba g ada menunya...

    ReplyDelete
  2. Di Corel X5 sudah gk ada menu itu, kemarin saya sudah coba untuk membuat sebuah Undangan dan CorelDraw X5 mampu menggunakan seluruh physical memori yang tersisa, klo sudah memakai seluruh memori, ntar ujung-ujungnya "Out of Memory"

    ReplyDelete
  3. Setelah di check Corel X5 kok gak ada menu untuk pengaturan memori...
    Mohon pencerahannya mas bro,, coz tiap mau ganti font sering 'not responding'.

    ReplyDelete
  4. iya nih, di x5 gak ada pengaturan memori

    ReplyDelete
  5. itu maksimalnya sampai berapa % ya gan?.Kalo 100 % ber efek gak?

    ReplyDelete
  6. om, mau tanya nih...
    kalo corel saya koq ketika menggunakan tool corel yg ada hubungannya dg font selalu menjadi lemot... --"
    awalnya sih saya kira mungkin hanya karena font saya terlalu banyak, karena memang waktu itu font computer ada banyak, tetapi sekarang font-nya sudah saya hapus dan hanya tersisa sekitar 300-an, eh tetapi tetap saja luaammmaaa alias berat utk kerja corel...
    padahal kalo program lain yg menggunakan font, seperti word dan semacamnya, normal koq...
    mohon utk dijawab bagaimana cara meningkatkan kinerjanya...
    sebelumnya terima kasih... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampeyan bisa coba trik ini biar gak lemot = http://belajar-coreldraw.blogspot.com/2011/12/optimasi-font-pada-coreldraw-x5.html

      Delete
  7. Keren blognya, lengkap, sangat bermanfaat sekali bagi pemula seperti saya. Ijin bookmark masbro ..

    ReplyDelete
  8. mas di corel x4 kok gk ada ya....cuota memory

    ReplyDelete
  9. apa penyebabnya saat kita membuka file corel kadang ada muncul ...... constain an invalid fill ID di coreldraw dan ada pilihan abort, retry dan ignore. bagaimana cara mengatasi file tersebut?

    ReplyDelete
  10. punya ane X4, alhamdulillah masih ada , makasih bang

    ReplyDelete
  11. terimakasih banyak .blog ini sngat membantu

    ReplyDelete
  12. jadi yg X6 gmana donk caranya klo gak ada??

    ReplyDelete
  13. Memang x5 dan setereusnya sudah tidak ada fitur tersebut.Ini bisa di akali dengan menggunakan sofware seperti tune up utility dan sejenisnya.Karena sotware tersebut bisa mengoptimalkan system pc.

    ReplyDelete
  14. thanks banget gan, manfaatnya kerasa banget...

    ReplyDelete
  15. gmn cara ngatasin corel draw 12 stopped working, ni terjadi ketika file mw di print

    ReplyDelete
  16. tanks gan atas tipsnya semoga kebaikan kamu dapat balasan yang lebih baik dari sang kuasa alam. aamiin

    ReplyDelete
  17. misi gan, saya selesai install CDR X7 trial, tp kok kerjanya lemot banget yk? openingnya lalod, apalagi buka dokumen baru aj lelet bener.. -__-'

    spek laptop : Windows 7 64bit, RAM 4GB, program lain yg terinstal dikit doang tp lambat bgt yk? apanya yg kendala ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake windows 32bit kalo ram ga berpengaruh, saya juga pake yang ram 2gb di corel x7 lancar jaya

      Delete
  18. Mau tanya menu file pada corel x6 pny saya koq sebagian ngeblok ya, tiap kali di klik gk merespon...mohon di bantu.

    ReplyDelete
  19. Mau tanya menu file pada corel x6 pny saya koq sebagian ngeblok ya, tiap kali di klik gk merespon...mohon di bantu.

    ReplyDelete
  20. Salam,
    mau tanya mbah :D
    kalo terkadang corelDraw stop working pas ggarap kerjaan dengan banyak objek (>600) gimana ya meng-akalinya?

    ReplyDelete
  21. Mbah klo di CorelX7 kok ga ada ya,

    ReplyDelete
  22. TERIMAKASIH..ATAS INFONYA.....SEMOGA TUHAN MEMBALAS TELAH BERBAGI ILMU...

    ReplyDelete
  23. sangat bermanfaat ilmunya begitu pula mas master matur suwun mas

    ReplyDelete
  24. matur suwon om, moga ilmu om bermanfaat karna udah berbagi.
    http://caritaudenganjarimu.ga

    ReplyDelete
  25. selamat pagi mas!!
    sudah saya ikuti cara menambah memory option, sudah saya isi 75%.
    saya pake X4 memori saya i3 8 giga. udah di restart!!
    pas dibuka lagi dioption masih balik lagi keaslinya 25%
    kenapa ??!!
    terima kasih

    ReplyDelete
  26. Sekedar info mulai X5 sampai X8 (release akhir Maret 2016) opsi pemakaian memori sdh dihilangkan. Di X8 tool Smart Fill jg ditiadakan. Saya pake Dualcore memori 2 G. Win 8 32bit. Pernah nyoba bikin Banner ukuran 4 x 2,5 m juga lancar jaya padahal dijalankan bersama dg PS CS5.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara setting paper size untuk corel x8 gimana ? Cuma ada A4 sama Letter. Mohon bantuannya. Thanks

      Delete
  27. Sekedar info mulai X5 sampai X8 (release akhir Maret 2016) opsi pemakaian memori sdh dihilangkan. Di X8 tool Smart Fill jg ditiadakan. Saya pake Dualcore memori 2 G. Win 8 32bit. Pernah nyoba bikin Banner ukuran 4 x 2,5 m juga lancar jaya padahal dijalankan bersama dg PS CS5.

    ReplyDelete
  28. saya ram 8gb tapi kok sering not respon ya gan

    ReplyDelete
  29. di corel 7 kox nga ada yaa gan,..?
    http://prntscr.com/clpd8a

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin di icon corel draw pada layar klik kanan..pilih properti pada klik shortcut ..trus pilih run yang maximized aja

      Delete
  30. saya mau tanya kenapa ya corel bisa di buka tapi pada waktu new document langsung not responding padahal sebelumnya tidak kenapa kenapa,

    ReplyDelete
  31. Saya kebingungan, di coreldraw x8 kok gak ada paper size settingnya ya ? Cuma ada A4 dan Letter saja. Beberapa kali saya coba tanya google tetap belum ada yg memberi solusi. Thanks's

    ReplyDelete
  32. Cara setting paper size untuk corel x8 gimana ? Cuma ada A4 sama Letter. Mohon bantuannya. Thanks

    ReplyDelete
  33. punya saya Corel Draw 12 pas mau print sedikit normal aja, tpi kalo kisaran print 20 lmbr kok bingkai nya kagak ke print ya om
    saya kesulitan saat buat undangan, soalnya hrs print sdkt" gk bisa lgsung bnyak

    mohon solusinya om

    ReplyDelete
  34. bro kok pas gue mau buat tabel ko yang muncul malah persegi yang dikasih warna gitu ya? gue udah ngelakuin berbagai cara buat munculin tabelnya tapi ga bisa juga, mohon banuannya ya. masih bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat di word dulu aja gan, terus copy ke corel ane biasanya gitu. kelemahan corel emang susah buat tabel

      Delete
  35. kak kalau saya uninstall x7 apakah berpengaruh pada kinerja x8? karena di laptop saya, saya punya x7 dan x8

    ReplyDelete
  36. Boss Kalo corel 2017 gmn bos biar performa baguss?:C

    ReplyDelete
  37. PAKE X7 Kok workspace memory nya gak ada gimana cara mengatasinya?
    Terus VgCore out of memory Bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  38. Saya juga nggak Ada di Corel draw 2018. Ini tutornya pakai Corel versi berapa ya?. Kok dari sekian komentar nggak Ada menu memory termasuk saya juga?

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus