24 October 2011

Membuat Pola Batik dengan CorelDRAW

Membuat Pola Batik sebenarnya sangat mudah dan sederhana karena cara pembuatannya hanya bersifat pengulangan dari satu object yang telah kita buat. Untuk membuat pola pada CorelDRAW kita bisa memanfaatkan karakter special dengan menggunakan fitur Insert Character, pada CorelDRAW 12 kita dapat melakukan penggandaan secara otomatis (tile) tapi tidak tahu kenapa pada CorelDRAW X5 ini kok menu tersebut dihilangkan, mungkin dipandang tidak efisien karena langkah untuk melakukan penggandaan sudah terlalu banyak disediakan pada CorelDRAW versi terbaru.


Prosedur atau langkah untuk membuat pola batik pada CorelDRAW adalah sebagai berikut;
Pada Menu Bar --> pilih Text --> Insert Symbol Character



Pilih Kategori Karakter spesial, kemudian geser karakter spesial pada Area Kerja CorelDRAW



Beri warna, terserah menurut pilihan Mas Bro sekalian



Gandakan dengan Copy Paste kemudian geser ke samping, dan pada Toolbox pilih Blend tool arahkan pada object satu mengarah pada object dua.



Kemudian pada Arrange --> Break Blend Group Apart (atau tekan Ctrl+K) dan select semua object, pada Property Bar pilih Group (Ctrl+G), selanjutnya geser kebawah dan gandakan lagi;


Setelah tercipta lakukan sekali lagi pada Arrange --> Break Blend Group Apart (atau tekan Ctrl+K), select semua object, dan pada Property Bar pilih Group (Ctrl+G),


Hasilnya seperti gambar dibawah ini


Beri efek transparan dengan Transparency tool pada Toolbox, kemudian pada Property Bar --> pada Transparency Type pilih Uniform



Maka hasilnya akan transparan dan bisa untuk background pada Brosur, Panflet, Baleho, ID Card, Kartu nama, dll,




Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

5 comments:

  1. terimakasih mas bro..
    ijin menyimak tutorialnya ya mase..
    salam damai kami sepanjang hari mase..

    ReplyDelete
  2. keren bnget,mksh atas info'x gan..

    ReplyDelete
  3. Mbah saya coba cara seperti diatas Insert Symbol Caracter malah yang keluar font semua (symbol seperti punya mbah tidak ada)
    gmn caranya ya mbah supaya symbol batik kayak di atas bisa muncul ??
    mohon bantuannya mbah ??
    thanks

    ReplyDelete
  4. mantab mas bermanfaat sekali ilmunya

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus