03 October 2011

Pecah Warna Sparasi dengan Split Cannels

Ada yang bertanya pada Forum Mas Bero Anggra Kishomoto tentang pecah warna raster (maksudnya mungkin sparasi warna), aku sependapat dengan komentar jawaban dari Bang Choesny seperti ini "Sebenarnya tidak dibutuhkan software tertentu" nah ini aku ada Tips dan trik untuk Mas Bero sekalian yaitu tentang Pecah Warna Sparasi dengan Fitur Split Cannels to CMYK pada CorelDRAW, mungkin ini bisa membantu .....


Misalkan yang akan kita pecah warna adalah gambar diatas, langkah - langkahnya sebagai berikut;

Pertama Import gambar yang akan kita pecah warna pada aplikasi CorelDRAW seandainya gambar dalam bentuk RGB convert dulu ke CMYK,  object gambar bitmap dalam keadaan terseleksi (terpilih/aktif) selanjutnya arahkan pointer mouse kita pada Edit Bitmap... yang ada pada Properti Bar atau pada Menu Bar klik Bitmaps --> Edit Bitmap... 



Maka aplikasi Corel Photo Paint akan terbuka; kemudian pada Menu Bar klik Image




Selanjutnya pilih Split Channels to --> CMYK



Maka file akan bertambah yaitu file gambar CMYK yang terpecah dalam bentuk Cascade Windows, selanjutnya Copy satu persatu Mulai: Cyan, Magenta, Yellow, Black, dengan tidak menutup Corel Photo Paint  sampeyan kembali ke CorelDRAW dan Paste-kan satu persatu gambar hasil pecah warna tadi pada Area kerja CorelDRAW;

    Cyan

    Magenta

    Yellow

    Black


Hasilnya seperti gambar dibawah ini setelah diberi tanda potong, selesai,... selamat mencoba.



Format CDR gambar diatas, Mungkin Mas Bro membutuhkan..!



Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

5 comments:

  1. sangat-sangat saya ucapcan terima kasih

    ReplyDelete
  2. semoga ilmunya tidak habis di gunakan... Terima kasih ini sangat saya butuh kan...

    ReplyDelete
  3. mantap..blog yang sangat membantu dan mudah di mengerti.yang punya juga nga pelit ilmu..good luck aja dah buat yng punya.saya sekalian mau nanya ni mas..saya ada desain..kalau dilihat gmbar hnya terdri dr 3 warna,dasar putih,hitam,terus gradasi coklat.nah itu pisah warnanya gimana biar nga perlu pkai CMYK?bs nga?o iya,saya pakainya printer inkjet.thanks..

    ReplyDelete
  4. Kalo untuk underbase ny gimana ya min ? Thank's

    ReplyDelete
  5. Kl untuk pengturan dotnya gmn gan?

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus