13 November 2011

Cara Membuat Favicon di Blog

Sudah tahu yang namanya favicon? Kalau belum, favicon adalah ikon kecil yang muncul di pojok kiri address bar dan pojok kiri tab. Secara default favicon Blogger/Blogspot adalah simbol B dengan background orange. Tentunya sampeyan juga ingin punya favicon sendiri untuk blog sampeyan kan? Bagaimana cara membuat favicon yang gampang, lalu menampilkannya di blog? Ikuti langkah-langkahnya.

Pertama sampeyan harus punya desain gambar untuk favicon. Tentu sebagian besar Mas Bro telah menguasai CorelDRAW, sampeyan bisa membuatnya sendiri. Lalu ekspor ke gif, png atau jpg.

Gambar dibawah adalah contoh Favicon pada Browser Google Crome



Langkah selanjutnya;
Login dengan akun Blogger sampeyan
Pilih Rancangan

Pada pojok kiri atas  ada kotak dengan icon Blogger Favicon kemudian klik Edit


Kemudian muncul kotak dialog Konfigurasikan Ikon Favicon --> klik Chosse File;


Cari pada direktori komputer sampeyan gambar yang telah dibuat tadi;


Dan klik SIMPAN. Selesai Favicon sampeyan telah tersimpan dan tunggu paling lama 24 jam Blogger akan memunculkan Favicon di address Browser komputer setiap sampeyan membuka blog.

Semoga bermanfaat, monggo di coba.


Pengelola Blog

Zainoel Arifin Isa'i : Penulis Blog. Ketika aku tidak nongkrong di warung kopi atau menyusuri hutan atau juga mendaki gunung, aku sibuk menjadi tukang desain lepas yang bermarkas di sudut kamar belakang rumah di daerah pelosok desa terpencil lereng Gunung Arjuno.
Machfudz Arif : Teknisi Blog. Pekerjaan sebagai Web and Mobile App Developer yang bermarkas di Lembah Tlogo Krabyaan di sebuah dusun yang dikelilingi perbukitan nan elok dan berudara segar.

5 comments:

Berkomentarlah yang bijak, iklan/spam langsung dihapus